Penyedia jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan teleponmerupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
Di Indonesia sendiri sejauh ini telah berdiri beberapa internet service provider, beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia, antara lain adalah Telkom Speedy, SmartFren, Indosat dan lain sebagainya.
Fungsi
Agar semakin jelas apa sebenarnya fungsi dari penyelenggara jasa internet atau Internet Service Provider, maka berikut ini dipublikasikan beberapa diantaranya kepada Anda:
- Sebagai
media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
- Menghubungkan
pelanggan ke gateway internet terdekat.
- Menyediakan
modem untuk dial-up.
- Menghubungkan
seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
- Memungkinkan
seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
- Memungkinkan
seorang user melakukan percakapan suara via internet.
- Memberi
tempat untuk homepage.
- ISP
melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem
antivirus untuk pelanggannya.
Demikianlah informasi seputar pengertian internet service provider dan juga
fungsi dari internet service provider yang secara umum sering juga disebut
dengan istilah ISP ini. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda yang
sudah membacanya, khususnya dalam bidang menambah wawasan seputar pengertian
ISP.
Contoh ISP di Indonesia
Contoh ISP di Indonesia
- Speedy
- Telkomnet
- VISIONNET
- IM2
- FIRSTMEDIA
- 3GNet
- BIZNET
Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet
service Provider (ISP)
1.
Dial up
Dial
up adalah layanan untuk pengguna yang mengakses internet melalui telepon yang
didukung oleh modem, misal : personal dial up, LAN dial up ISDN dll.
2.
Mobile access
Mobile
access adalah sebuah layanan untuk akses internet yang bisa didapat dengan
mudah melalui telepon seluler. Layanan ini bermanfaat untuk pengguna telepon
seluler yang mendukung teknologi ini.
3.
Hotspot
Hotspot
adalah jenis layanan internet untuk pengguna yang memerlukan koneksi internet
pada lokasi-lokasi tertentu, misal : bandara,cafe, sekolah, kantor,
dll.
4.
Wireless
Wireless
adalah jenis layanan internet yang menggunakan teknologi tanpa kabel. dalam layanan ini memiliki kelebihan terkoneksinya
komputer pengguna dengan jaringan internet 24 jam dalam 7 hari seminggu.
disamping itu, biaya tagihannya hanya biaya koneksi internet saja,tanpa dengan
biaya telepon.
A. PERSYARATAN-PERSYARATAN SEBUAH ISP
(1) memiliki SDM yang handal & mengetahui teknik / servis Internet,
(2) mentargetkan pada segmen pasar yang masih kosong,
(3) harus dapat membuktikan dalam waktu 12 bulan bahwa ISP tersebut mampu
di operasikan dengan baik
Nah
sob, selain itu juga ada syarat/kelengkapan yang wajib loh, antara lain :
(a) Akta pendirian perusahaan;
(b) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
(c) pengesahan pendirian perusahaan;
(d) profile perusahaan;
(e) rencana usaha (bisnis plan);
(f) konfigurasi dan data teknis perangkat yang akan digunakan.
B. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA ISP
-Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan
dengan internet.
-Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
-Menyediakan modem untuk dial-up.
-Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World
Wide Web (www).
-Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat
elektronik (e-mail).
-Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara
via internet.
-Memberi tempat untuk homepage.
-ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan
menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
C. PEKERJAAN TEKNISI MEJA BATUAN
HELP DESK
ISP
teknisi help desk memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki masalah
dan mendapatkan pengguna terhubung. ISP teknisi help desk memberikan solusi
untuk masalah pelanggan dengan tujuan optimalisasi jaringan dan retensi
pelanggan.
ISP
membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis mempunyai Pengetahuan Dan pengalaman untuk
Artikel menentukan / memperbaiki permasalahan Dan mendapat para Pemakai
dihubungkan. ISP membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis menyediakan Solusi-Solusi
kepada permasalahan pelanggan Artikel Baru gol Dari optimisasi Jaringan Dan
ingatan pelanggan.
Sebuah
tim help desk yang baik memastikan bahwa masalah diselesaikan dengan cepat dan
untuk kepuasan pelanggan. Memberikan layanan Internet adalah bisnis yang sangat
kompetitif, dan layanan yang buruk dapat menyebabkan ISP kehilangan pelanggan
untuk ISP bersaing.
kurang jelas
BalasHapuskurang jelas apanya ? mohon dijelaskan
Hapusanu nya
BalasHapus