Langsung ke konten utama

pengertian , fungsi , dan jenis jenis layanan ISP (Internet Service Provider)




Penyedia jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa InggrisInternet service provider disingkat ISP) adalah
perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan teleponmerupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modemsewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Di Indonesia sendiri sejauh ini telah berdiri beberapa internet service provider, beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia, antara lain adalah Telkom Speedy, SmartFren, Indosat dan lain sebagainya.

Fungsi 

Agar semakin jelas apa sebenarnya fungsi dari penyelenggara jasa internet atau Internet Service Provider, maka berikut ini dipublikasikan beberapa diantaranya kepada Anda:   
  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.    
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.    
  • Menyediakan modem untuk dial-up.    
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).    
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).    
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.    
  • Memberi tempat untuk homepage.    
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
Demikianlah informasi seputar pengertian internet service provider dan juga fungsi dari internet service provider yang secara umum sering juga disebut dengan istilah ISP ini. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, khususnya dalam bidang menambah wawasan seputar pengertian ISP.

Contoh ISP di Indonesia 
  1. Speedy
  2. Telkomnet
  3. VISIONNET
  4. IM2
  5. FIRSTMEDIA
  6. 3GNet
  7. BIZNET
Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet service Provider (ISP)

1. Dial up
Dial up adalah layanan untuk pengguna yang mengakses internet melalui telepon yang didukung oleh modem, misal : personal dial up, LAN dial up ISDN dll.

2. Mobile access
Mobile access adalah sebuah layanan untuk akses internet yang bisa didapat dengan mudah melalui telepon seluler. Layanan ini bermanfaat untuk pengguna telepon seluler yang mendukung teknologi ini.

3. Hotspot
Hotspot adalah jenis layanan internet untuk pengguna yang memerlukan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu, misal : bandara,cafe, sekolah, kantor, dll.

4. Wireless
Wireless adalah jenis layanan internet yang menggunakan teknologi tanpa kabel. dalam layanan ini memiliki kelebihan terkoneksinya komputer pengguna dengan jaringan internet 24 jam dalam 7 hari seminggu. disamping itu, biaya tagihannya hanya biaya koneksi internet saja,tanpa dengan biaya telepon. 


A. PERSYARATAN-PERSYARATAN SEBUAH ISP

(1) memiliki SDM yang handal & mengetahui teknik / servis Internet,
(2) mentargetkan pada segmen pasar yang masih kosong, 
(3) harus dapat membuktikan dalam waktu 12 bulan bahwa ISP tersebut mampu di operasikan dengan baik

Nah sob, selain itu juga ada syarat/kelengkapan yang wajib loh, antara lain :
(a) Akta pendirian perusahaan; 
(b) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); 
(c) pengesahan pendirian perusahaan; 
(d) profile perusahaan; 
(e) rencana usaha (bisnis plan); 
(f) konfigurasi dan data teknis perangkat yang akan digunakan.


B. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA ISP

-Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
-Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
-Menyediakan modem untuk dial-up.
-Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
-Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
-Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
-Memberi tempat untuk homepage.
-ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.


C. PEKERJAAN TEKNISI MEJA BATUAN 

HELP DESK
ISP teknisi help desk memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki masalah dan mendapatkan pengguna terhubung. ISP teknisi help desk memberikan solusi untuk masalah pelanggan dengan tujuan optimalisasi jaringan dan retensi pelanggan. 

ISP membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis mempunyai Pengetahuan Dan pengalaman untuk Artikel menentukan / memperbaiki permasalahan Dan mendapat para Pemakai dihubungkan. ISP membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis menyediakan Solusi-Solusi kepada permasalahan pelanggan Artikel Baru gol Dari optimisasi Jaringan Dan ingatan pelanggan. 

Sebuah tim help desk yang baik memastikan bahwa masalah diselesaikan dengan cepat dan untuk kepuasan pelanggan. Memberikan layanan Internet adalah bisnis yang sangat kompetitif, dan layanan yang buruk dapat menyebabkan ISP kehilangan pelanggan untuk ISP bersaing. 




                                                                                           @dykahariyono12

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan kunci jawaban tentang ARSITEKTUR DAN INFRASTRUKTUR LAYANAN INTERNET ISP

SOAL DAN KUNCI  JAWABAN  TENTANG  ARSITEKTUR DAN INFRASTRUKTUR                                                                             LAYANAN INTERNET ISP                                                                          KELAS 12 TKJ 1. Pendekatan Enterpripe architecture (arsitektur enterpripe) yang di gunakan sebagai A. logika pengaturan dan perancangan B. meningkatkan kemudahan pengguna dalam pembangunan c. mempertahankan tingkat kualitas D. mengembangkan mereka secara internal E. memungkinkan evolusi arsitektur ANSWER: A 2. Sebelum membangun infrastruktur IT, maka perlu dib...

soal dan kunci jawaban tentang ISP internet service provider

teknik komputer dan jaringan  1. sebuah layanan untuk akses internet yang bisa didapat dengan mudah melalui telepon seluleradalah A . dial up B . hospot C . wiraless D . mobile access E . LAN dial up ISDN ANSWER : D 2.Berikut merupaka jenis layan dial up,KECUALI? A.Mobile access B.LAN dial up ISDN C.noght server access D.corporate dial up E.Personal dial up ANSWER : A 4. UUNET, MCI, ABONE, Alternet adalah merupakan... A .Global ISP B. Jenis service ISP C. BrowSer internet D. Tugas ISP E. Fungsi ISP ANSWER : A 5. Alat yang digunakan untuk mengakses internet jenis mobile access adalah... A. handphone B. komputer C. HT D. kabel fiber optic answer : A 6. Kapasitas bandwidth adalah kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat, jika ISP yang dipilih kapasitas bandwidthnya rendah maka proses akses komputer menjadi...... A. lambat dan membosankan B. bertambah cepat C. semakin cepat D. lebih tinggi ANSWER : A ...

Majas edensor karya andrea hirata

BAB II MEMBACA SASTRA A.     Menentukan Kata Yang Bermakna Simbolik/ Majas/ Kias Dalam Karya Sastra Kata bermakna kias adalah kata yang diungkapkan untuk tujuan makna yang bukan makna sebenarnya. Bisa juga disebut kata yang memiliki makna hak lansung. Sebagai contoh, “Kembang desa itu dikejar-kejar seluruh pemuda di kampungnya.” Kata lembang desa itu bukan bermaksud bunga yang berputik dan berkelopak itu, melainkan perwakilan dari wanita atau gadis desa. Atau seperti kata pintar dalam kalimat, “Anak itu sangat pintar menipu.” Pintar di sini tentu bukan dalam arti positif, melainkan negatif. Selain kata bermakna simbolik, karya sastra juga indah dan lebih hidup karena majasnya. Majas atau gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleg efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup. Secara umum, terdapat empat jenis majas; majas perbandingan, pertentangan, sindiran, dan penegasan. 1. ...